Home / Uncategorized / Pantai Lafau Objek Wisata Terkenal Nias Utara
    13 September, 2018

    Pantai Lafau Objek Wisata Terkenal Nias Utara

    Posted in : Uncategorized on by : admin Tags:

    Siang itu, mula Januari 2018. Deburan ombak di Pantai Lafau, Kecamatan Lahewa, Nias Utara, Sumatra Utara, memecah bibir pantai, diiringi angin sepoi. Hening sebab tidak deru mesin kendaraan, kecuali suara sejumlah sapi dan domba yang sedang menggali makan di dekat pantai dan gemuruh ombak dari laut Pantai Lafau. Beberapa perahu tertambat di bibir pantai yang berpasir putih halus dan berkilau.

     

     

    Objek Wisata Nias

    Objek Wisata Nias

     

    Menurut http://www.pokertiam.net/ pantai lafau dapat ditempuh dari Gunungsitoli sejauh 60 kilometer. Setiba nya di Kilometer 15, tepatnya di Gawa’ai, kemudian berbelok ke unsur timur sejauh 35 km. Di ruas jalan dari arah Gunungsitoli ke Gawa’ai tersebut terbentang hamparan pantai yang berpasir putih. Setelah berbelok di Gawaa’ai, hamparan pantai digantikan di kiri-kanan ruas jalan hamparan sawah yang hijau.

    Jalan mengarah ke Pantai Lafau telah diaspal. Panorama sekitar perjalanan sangat estetis seiring pemandangan sawah dan sekian banyak jenis tumbuhan di kiri-kanan jalan. Keindahan panorama mengarah ke ke Pantai Lafau sangat menyeluruh dengan pemandangan Gunung Hilimaziaya. Sebuah gunung yang adalah gunung tertinggi kedua, sesudah Gunung Lolomatua.

    Jika cuaca paling cerah, pengunjung yang melalui jalan mengarah ke Pantai Lafau dapat memungut gambar Gunung Hilimaziaya yang berbukit-bukit. Tak ketinggalan, pengunjung dapat mengambil gambar Gereja BNKP Hilimaziaya, suatu gereja terbesar dan termegah di Nias Utara.

    Keindahan Pantai Lafau
    Garis Pantai Lafau paling panjang. Karena berbatasan dengan Samudra Indonesia, gelombang air laut di Pantai Lafau paling kuat. Meskipun permukaan pantai yang landai, semua wisatawan yang datang ke Pantai Lafau tidak dianjurkan untuk berenang.

    Meskipun tak dapat berenang, semua wisatawan dapat merasakan keindahan Pantai Lafau. Garis Pantai Lafau yang panjang, bisa dimanfaatkan oleh semua wisatawan guna berjalan-jalan atau memungut gambar selfie atau wefie.

    Dari kejauhan semua wisatawan dapat merasakan pemandangan 3 pulau kecil yang saling berjejeran. Untuk wisatawan yang berkeinginan mengunjungi pulau-pulau itu dapat mencarter perahu mesin semua nelayan. Di pulau-pulau tersebut semua wisatawan dapat merasakan keindahan pantai yang sangat estetis dan untuk yang suka olahraga diving dapat merasakan keindahan bawah laut.

    Pantai Lafau menyimpan keindahan yang jarang dapat ditemukan di pantai-pantai lain. Warna pasir yang paling putih, kepiting-kepiting yang masih berkeliaran di pantai, dan ikan-ikan kecil yang paling berlimpah di laut Pantai Lafau. Para nelayan di dekat Pantai Lafau mengasinkan ikan-ikan tangkapannya, kemudian menjualnya. Harga 1 kg ikan kecil yang sudah diasinkan selama 50 ribu.
    Sayang sekali, pantai estetis pantai berpasir putih berkilau ini belum dikelola dengan serius. Masih ada sampah-sampah yang berserakan di pintu masuk Pantai Lafau. Pondok-pondok lokasi istirahat pengunjung belum terbangun dengan baik. Di hari biasa tidak terdapat penjual santap serta kios penyedia minuman dan makanan ringan.

    Selama ini sebab pondok-pondok yang tidak banyak dan masih tidak cukup layak, wisatawan memanfaatkan pohon-pohon rindang guna berteduh sejenak. Tak lupa untuk wisatawan yang berkeinginan berwisata ke Pantai Lafau tak lupa memakai topi dan cream sun block sebab terik matahari yang paling panas. Yang butuh dipersiapkan ialah makanan, minuman, dan obat pribadi sebab di Pantai Lafau dihari biasa tak terdapat yang menjual.

    Begitulah keindahan Pantai Lafau yang berhadapan dengan Samudra Indonesia. Setelah mendatangi Pantai Lafau tak terdapat salah merasakan keindahan pantai-pantai beda yang terdapat di Nias Utara, laksana Pantai Pink dan Pantai Tureloto (laut mati Indonesia).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *